Jumat, 01 Juni 2012

Demam dan Mengigil


Definisi Operasional
  •  Demam Adalah kenaikan suhu tubuh melebihi normal disertai peningkatan pusat pengatur suhu dihipotalamus
  • Suhu tubuh normal : 36,5-37,5oC, Variasi Suhu Tubuh Normal: 0,4 oC
  • Pada usia 18-40 Th, suhu tubuh normal 36,8 oC±0,4oC
  • Suhu paling rendah pada pukul 06.00 (37,2 oC) dan paling tinggi pada pukul 16.00-18.00 (37,7 oC)
  • Demam jika Suhu pada pukul 06.00 (>37,2 oC) dan pada pukul 16.00-18.00 (>37,7 oC), suhu rektal lebih tinggi 0,4 oC dari suhu oral
  • Hiperpireksia jika suhu mencapai 41,5 oC
Anamnese pada kasus Demam
  • Demamnya sudah berapa lama, demamnya akut atau demam berkepanjangan
  • Pola demam (intermiten,remiten, continues,septik, atau pola tertentu)
  • Gejala yang muncul sebelum dan setelah demam
  • Riwayat bepergian ke daerah tertentu (Malaria investigations)
  • Riwayat penggunaan obat-obatan
  •  
Penyebab dan Patofisiologi
  • Proses Infeksi ;Malaria, Influensa, Dengue Fever, Diarea Akut (Virus,Bakteri,Parasit,Jamur) --> Pengeluaran Toksin (Lipopolisakarida- Gram-, Enterotoksin-Gram+) --> Demam
  • Proses Inflamasi/Peradangan Atau kerja Imun, Trauma, Proses Pembedahan, Proses Keganasan --> Peningkatan Sitokin Pirogenik/Pirogen Endogen (IL-1, IL-6, TNF, CTNF,IFN) --> Demam
  • DEMAM --> Kompensasi Tubuh Terhadap Demam --> Thermoregulator/Hipothalamus --> Aktivasi Neuron Vasomotor --> Vasokontriksi --> Penurunan aliran darah perifer --> pelepasan panas tubuh menurun -->Timbul perasaan dingin --> Kontraksi otot untuk menghasilkan panas  -->MENGIGIL (Jika panas tubuh melalui aliran darah cukup, periode menggigil tidak terjadi)
Perawatan dan Pengobatan
  • Setelah anamnesis ditegakkan, jika terjadi demam tinggi hingga hiperpireksia segera lakukan kompress hangat atau kompres dingin,  sesuaikan dengan mekanisme apa yang ingin digunakan untuk menurunkan demam
  • Pemantauan secara ketat terhadap adanya perubahan sistem kardivaskuler, kinerja jantung dan paru-paru. Hal ini dikaitkan dengan terjadinya peningkatan kebutuhan oksigenasi pada saat demam terjadi.
  •  Kolaborasi pemberian antipiretik, anti inflamasi non steroit, dan kortikosteroid
  •  Hati-hati terhadap penggunaan antipiretik secara rutin karena dapat membuat masking pada pola demam dan proses infeksi
  • Jika penurunan panas cepat dibutuhkan, dapat dilakukan pemberian selimut dingin kombinasi antipiretik
  • Fever Management, Fluid and Elektrolit Inbalance Management, Infection Management
 
 
 

3 komentar:

  1. HOW I GOT CURED OF HERPES VIRUS.

    Hello everyone out there, i am here to give my testimony about a herbalist called dr imoloa. i was infected with herpes simplex virus 2 in 2013, i went to many hospitals for cure but there was no solution, so i was thinking on how i can get a solution out so that my body can be okay. one day i was in the pool side browsing and thinking of where i can get a solution. i go through many website were i saw so many testimonies about dr imoloa on how he cured them. i did not believe but i decided to give him a try, i contacted him and he prepared the herpes for me which i recieved through DHL courier service. i took it for two weeks after then he instructed me to go for check up, after the test i was confirmed herpes negative. am so free and happy. so, if you have problem or you are infected with any disease kindly contact him on email--- drimolaherbalmademedicine@gmail.com. or / whatssapp --+2347081986098.
    This testimony serve as an expression of my gratitude. he also have herbal cure for COLD SORE, SHINGLES, CANCER, HEPATITICS A, B. DIABETES 1/2, HIV/AIDS, CHRONIC PANCERATIC, CHLAMYDIA, ZIKA VIRUS, EMPHYSEMA, LOW SPERM COUNT, ENZYMA, COUGH, ULCER, ARTHRITIS, LEUKEMIA, LYME DISEASE, ASTHMA, IMPOTENCE, BARENESS/INFERTILITY, WEAK ERECTION, PENIS ENLARGEMENT. AND SO ON.

    BalasHapus
  2. Saya ingin setiap pasien herpes membaca kesaksian saya, nama saya SARAH MORGAN dari California di AS, saya menghubungi genital herpes dari mantan pacar saya yang tidak pernah mengalami gejala apa pun. Saya sudah memilikinya selama 4 bulan sekarang, dan itu telah mempengaruhi hidup saya. Saya telah memberi tahu pacar saya bahwa saya memercayai hal itu dan saya tidak pernah memiliki reaksi yang buruk, itu telah mempengaruhi hubungan baru saya dengan Smith dan orang-orang berpikir herpes benar-benar iritasi kulit ringan herpes memiliki efek jangka panjang pada kesehatan. Stigma yang melekat pada virus ini oleh orang-orang bodoh itu konyol. Kebanyakan orang menderita herpes dalam satu bentuk atau lainnya. Saya ingin memberi tahu orang-orang tentang bagaimana saya menyingkirkan herpes saya dan saya membaca komentar di internet, dan saya melihat kesaksian yang diposting oleh seorang wanita dari Jerman bahwa dia menyingkirkan herpesnya dengan bantuan DR AHKIGBE dan sebagainya. Saya sangat senang ketika melihat posting itu, bahwa pengobatan herbalnya gratis dan saya dengan cepat mengumpulkan email dokter herbal dan saya mengirim email kepadanya dalam 3 jam dia menjawab email saya dan saya menjelaskan beberapa hal kepadanya, dia mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir bahwa dia akan menyembuhkan saya sepenuhnya dengan obat herbal, dia hanya meminta sedikit uang yang akan dia gunakan untuk membeli barang untuk persiapan obat herbal, berharap saya kirim kepadanya karena rasa sakitnya terlalu banyak untuk saya tanggung dan setelah beberapa beberapa hari dia mengatakan kepada saya bahwa dia telah menyiapkan obat herbal, bahwa saya harus mengirimkan alamat saya kepadanya bahwa dia ingin mengirimkannya kepada saya melalui DHL atau FED-EX, itulah cara saya mendapatkan obat herbal dan saya menggunakannya seperti yang diperintahkan dan Setelah beberapa hari saya mengetahui bahwa herpes saya sudah tidak ada lagi, saya pergi ke rumah sakit untuk konfirmasi dan memang benar begitulah cara saya sembuh. DR AKHIGBE juga menyembuhkan penyakit mematikan lainnya seperti, HIV / AIDS, HERPES, DIABETES, KANKER, ALS, ASTHMA, HERPAPITIS A&B, DEMAM BERDARAH, RABIES, THYROID, MENINGITIS, LUPUS, EPILEPSI, PENYAKIT KRONIK, PENYAKIT KULIT, BENCANA DIALA JOIN PAIN, STOMACH PAIN, SCHIZOPHRENIA, POLIO, MULTIPLES SCLEROSIS, PRESURE DARAH TINGGI, TUBERCULOSIS, ALZHEIMER, PENLARASIAN PENIS, PARKINSON'S, untuk mendapatkan ridge Anda dengan baik melalui emailnya: drrealakhigbe@gmail.com hubungi nomor situsnya: +21290 dengan https://blogspot.com //drrealakhigbe.weebly.com Anda masih dapat menulis saya di Instagram untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. pada Sarah Morgan.

    BalasHapus
  3. Am Richard, I am here to testify about a great herbalist  man who cured my wife of breast cancer. His name is Dr Imoloa. My wife went through this pain for 3 years, i almost spent all i had, until i saw some testimonies online on how Dr. Imoloa cure them from their diseases, immediately i contacted him through. then he told me the necessary things to do before he will send  the herbal medicine. Wish he did through DHL courier service, And he instructed us on how to apply or drink the medicine for good two weeks. and to greatest surprise before the upper third week my wife was relief from all the pains, Believe me, that was how my wife was cured from breast cancer by this great man. He also have powerful herbal medicine to cure diseases like: Alzheimer's disease, parkinson's disease, vaginal cancer, epilepsy Anxiety Disorders, Autoimmune Disease, Back Pain, Back Sprain, Bipolar Disorder, Brain Tumor, Malignant, Bruxism, Bulimia, Cervical Disc Disease, Cardiovascular Disease, Neoplasms , chronic respiratory disease, mental and behavioral disorder, Cystic Fibrosis, Hypertension, Diabetes, Asthma, Autoimmune inflammatory media arthritis ed. chronic kidney disease, inflammatory joint disease, impotence, alcohol spectrum feta, dysthymic disorder, eczema, tuberculosis, chronic fatigue syndrome, constipation, inflammatory bowel disease, lupus disease, mouth ulcer, mouth cancer, body pain, fever, hepatitis ABC, syphilis, diarrhea, HIV / AIDS, Huntington's disease, back acne, chronic kidney failure, addison's disease, chronic pain, Crohn's pain, cystic fibrosis, fibromyalgia, inflammatory Bowel disease, fungal nail disease, Lyme disease, Celia disease, Lymphoma, Major depression, Malignant melanoma, Mania, Melorheostosis, Meniere's disease, Mucopolysaccharidosis, Multiple sclerosis, Muscular dystrophy, Rheumatoid arthritis. You can reach him Email Via drimolaherbalmademedicine@gmail.com / whatsapp +2347081986098

    BalasHapus